Kebijakan Global

Depkeh AS: Harga Heroin Turun, Kasus Kematian Akibat OD Meningkat

meksikodrugsWashington – Jumlah produksi heroin di Meksiko meningkat hingga dua kali lipat pada 2008, menurut Departemen Kehakiman AS, peningkatan jumlah produksi heroin ini ditunjang dengan semakin luasnya aktifitas geng penyelundup narkotika asal Meksiko di Amerika Serikat.

Laporan yang dibuat oleh Badan Penilai Ancaman Narkoba Nasional Amerika Serikat ini juga mengatakan, kendati Meksiko telah mendapat bantuan dana besar dari Amerika untuk memerangi narkoba, namun penjualan mariyuana, ekstasi, dan shabu juga meningkat.

Laporan tersebut menemukan bahwa geng-geng Meksiko itu juga aktif di setiap kawasan di Amerika.

Sindikat penyelundup obat-obat terlarang itu mengangkut uang kontan sebesar US$40 miliar dengan menyeberang perbatasan dan kembali ke Meksiko setiap tahun.

Seperti yang diberitakan BBC, Meksiko sudah lama menjadi bandar utama narkoba yang diselundupkan ke Amerika tetapi laporan ini menunjukkan bahwa upaya untuk menghentikan arus obat-obat terlarang antara kedua negara tidak banyak membuahkan hasil.

Pada 2007 Amerika menjanjikan bantuan US$1,4 miliar selama tiga tahun ke depan untuk memerangi kartel narkoba, tetapi tahun berikutnya produksi heroin di Meksiko meningkat dari 17 sampai 38 ton.

Adanya peningkatan ini telah menyebabkan harga heroin turun dan semakin banyak kematian akibat overdosis narkoba di Amerika.(BBC/Gen)