Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Colorado dan Washington Setujui Regulasi Ganja Rekreasional

New York – Penduduk negara bagian Washington dan Colorado mengikuti jajak pendapat pada Selasa (6/11) yang menggulirkan wacana regulasi ganja untuk penggunaan rekreasional. Amendment 64 di Colorado dan Initiative 502 di Washington dimenangkan oleh para pemilih yang mendukung regulasi dan penetapan pajak atas ganja rekreasional.

Amendment 64 Colorado bagian 3 memuat perizinan penggunaan ganja secara personal dan regulasi ganja untuk individu berusia 21 tahun keatas. Amendment 64 Colorado bagian 4 memuat perizinan kultivasi komersial ganja secara legal, pengemasan dan penjualan ganja. Tujuan Amendment 64 adalah untuk memberlakukan regulasi atas ganja sama seperti alkohol. Inisiatif ini diajukan pada 4 Januari 2012 dan Kantor Sekretaris Negara Bagian Colorado memutuskan pada 27 Februari 2012 bahwa jajak pendapat Amendment 64 ini siap diluncurkan ke masyarakat pada 6 November 2012.

Sementara Initiative 502 Washington mendefinisikan dan membedakan daun ganja dari bagian lain tanaman ganja, melegalkan kepemilikan ganja dalam jumlah kecil untuk orang dewasa, menetapkan pajak, dan mengatur pendapatan dari ganja untuk penanganan kesehatan, pencegahan penyalahgunaan napza dan edukasi tentang napza.

Ganja masih dikategorikan sebagai napza golongan I dibawah UU Federal dan masih menjadi subyek penuntutan dibawah UU Federal, karena AS menganut kedaulatan ganda, negara bagian dan pemerintah Federal. Kepemilikan ganja oleh individu yang berusia kurang dari 21 tahun, kepemilikan yang melebihi jumlah yang diizinkan, dan penanaman ganja tak berlisensi tetap dikategorikan ilegal menurut UU Negara Bagian Washington.

Drug Enforcement Agency (DEA), Agen Pengaturan Napza AS kembali menekankan posisi mereka bahwa ganja adalah napza ilegal, sehingga kepemilikan, penggunaan dan penjualan ganja tetap masuk kategori tindak kriminal. Perwakilan DEA menyatakan Controlled Substances Act (CSA)atau Aturan Pengendalian Napza yang ditetapkan pemerintah Federal AS pada 1970 tetap tak tergoyahkan. CSA disahkan di AS sebagai implementasi nasional untuk menyikapi Konvensi Tunggal PBB untuk Narkotika 1961.

Menurut CSA, ganja tetap masuk napza Golongan I dalam jajaran napza ilegal. DEA menolak berkomentar lebih jauh tentan kemenangan jajak pendapat Amendment 64 dan Initiative 502.

“Masyarakat pemilik suara telah mengungkapkan keinginan mereka, kita harus menghargai hasil jajak pendapat ini,” ungkap Gubernur Colorado John Hickenlooper. “Proses pelaksanaan regulasi ganja pasti rumit, tapi kami berkomitment untuk menjalaninya. UU Pemerintah Federal AS masih mengkategorikan ganja sebagai napza ilegal. Sebaiknya jangan terburu-buru menyikapi.”

Di Oregon, jajak pendapat yang sama belum dapat dimenangkan dengan keputusan legalisasi ganja. Sedangkan di Massachussetts, masyarakat menyetujui regulasi ganja untuk keperluan medis. Massachussets menjadi negara bagian ke-18 di AS yang memperbolehkan ganja untuk keperluan medis.(YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *