Berita Nasional Kebijakan Daerah

Buka Rute Penerbangan Baru, Bandara Ahmad Yani Rawan Penyelundupan

Semarang – Pembukaan rute baru penerbangan langsung, dari luar ataupun dari dalam negeri patut diwaspadai. Hal itu berpotensi sebagai jalur masuknya jaringan narkotika internasional ke Kota Semarang.

Hal itu dikemukakan oleh Wakapolda Jateng, Kombes Achmad Syukrani, di sela pemusnahan barang bukti ganja 4 kg, di Mapolda Jateng, di Jalan Pahlawan, Semarang (16/7).

“Dengan adanya rute penerbangan baru langsung dari dan menuju Singapura serta Malaysia, Jateng khususnya, Semarang akan rawan menjadi pintu masuk jaringan narkoba. Kepolisian harus memperbaiki taktik dan tehnik dalam penyelidikan serta pencegahan masuknya narkoba, karena para pelaku juga memiliki modus yang selalu baru,” katanya.

Bisa jadi Bandara A Yani menjadi titik baru masuknya jaringan narkotika internasional, sebagai tempat tujuan dan bukan lagi sebagai tempat transit bagi jaringan narkotika internasional.

“Misalnya, beberapa waktu lalu di Bandara Adi Soemarmo Solo, di mana petugas mengungkap penyelundupan narkoba melalui jalur udara dari Malaysia dan Singapura. Resiko dari rute penerbangan ke luar negeri ini juga tak menutup kemungkinan terjadi di Bandara A Yani, Semarang,” ujar Diresnarkoba Polda Jateng, Kombes John Turman Panjaitan seperti diberitakan Warta Jateng.

Terkait upaya pencegahan, Turman menyatakan , pihak telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan penambahan personel khusus. di bandara.

“Sejauh ini memang sudah ada alat detektor di Bandara A Yani, tetapi kondisinya kurang maksimal sehingga kalau memungkinkan semestinya alat itu diperbarui yang lebih canggih,” terangnya. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *