Berita Internasional Hukum Kebijakan Mancanegara

Bos Kartel Narkoba Ditangkap Setelah Enam Bulan Kabur dari Penjara

Mexico City – Pelarian bos kartel Narkoba Mexico,  Jaoquin Guzman alias El Chapo akhirnya terhenti. Presiden Meskiko Enrique Pena Nieto mengumumkan penangkapan El Chapo kemarin.

“Penangkapan hari ini merupakan penting untuk pemerintah Meksiko. Hal ini menunjukkan bahwa publik percaya pada institusi negara,” ujar Pena Nieto.

El Chapo terbilang licin, sekitar Juli 2015 silam Ia melarikan diri dari penjara dengan penjagaan super maksimum di Meksiko, dan membuat malu pemerintahan Nieto. Pelarian El Chapo ini merupakan pelarian keduanya dari penjara yang sama selama kurang dari 15 tahun terakhir.

Presiden Pena Nieto tidak tidak mengungkapkan detail ihwal penangkapan El Chapo. Angkatan Laut Meksiko mengatakan, El Chapo ditangkap menyusul penggerebekan di sebuah rumah di Los Mochis.

Ia juga tidak menyebutkan apakah pelaku akan di deportasi ke AS menyusul permintaan pemerintah Amerika Serikat sebelumnya.

El Chapo menghadapi setidaknya tujuh tuntutan di sejumlah negara bagian AS. Termasuk di antaranya konspirasi pembunuhan, penculikan, pencucian uang, dan distribusi narkoba.

Untuk diketahui, El Chapo merupakan orang yang sangat berpengaruh di dalam dunia narkotika, tidak heran jika majalah Forbes, pada tahun 2009 memasukkannya ke dalam daftar miliuner.(Daily Express / Gentry Amalo)