Berita Nasional Kebijakan Daerah

BNNP Kalbar Lakukan Tes Urine Awak Pesawat Maskapai

Tes urine

Sungai Raya – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Barat melakukan tes urine terhadap pilot yang ada di bandara Supadio Pontianak.

“Tes urine itu dilakukan pada Selasa (14/8). Semua pilot, pramugari dan kru pesawat dites dan hasilnya negatif,” kata Kepala Divisi Operasional PT Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani, di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, berdasarkan hasil tes tersebut menunjukkan pilot, pramugari dan kru pesawat yang bertugas tidak ada yang menggunakan narkoba jenis apapun.

Menurutnya semua maskapai penerbangan mulai dari Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Batavia Air termasuk pesawat kecil juga menjadi perhatian dari petugas untuk dilakukan pemeriksaan tes urine.

“Termasuk dari semua kru dan pilot pesawat kecil juga dilakukan tes urine, dan hasilnya langsung keluar. Kita berharap pilot, pramugari, kru pesawat dan karyawan PT. Angkasa Pura II tidak menggunakan narkoba jenis apa pun, karena narkoba merupakan salah satu barang yang dilarang digunakan, karena dampaknya bisa jadi terkena kepada masyarakat luas,” tuturnya.

Usmulyani menjelaskan sebelumnya, PT. Angkasa Pura II sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap seluruh karyawannya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penggunakan narkoba.

“Kita sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui rumah sakit. Kita tidak main-main juga, karena ada perintah dari direksi jika ada karyawan yang terbukti menggunakan narkoba akan langsung dipecat,” katanya.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *