Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

BNNP Jateng Tes Urin Mahasiswa Unika Soegijapranata

Tes Urin BNNP Jawa Tengah

Semarang – Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang dipilih secara acak mengikuti tes urin yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Rabu (13/6).

Beberapa mahasiswa yang ditemui NapzaIndonesia.com mengaku bahwa sebelumnya tidak mengetahui jika BNNP mengadakan kegiatan tes urin di kampus mereka. Mereka mengaku mengikuti tes urin ini karena ingin tahu.

“Kalau saya tidak menggunakan narkoba. Ya cuma pengen tahu saja tes urin itu seperti apa lalu apa saja jenis zat yang dites,” ujar Meli, salah satu mahasiswa dari jurusan Psikologi.

Jawaban senada disampaikan seorang mahasiswa lain yang enggan disebut namanya. Menurutnya, motivasinya mengikuti tes urin lebih karena keingintahuannya.

“Mungkin saja secara tidak saya sadari obat-obatan yang saya konsumsi ketika sakit mengandung zat yang sama dengan narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, mengenai hasil dari tes urin ini tim BNNP Jateng menyatakan bahwa tidak akan dipublikasikan secara luas.

“Jika ada yang positif, maka akan kami komunikasikan dengan pihak kampus yang bersangkutan. Langkah awalnya adalah menemui yang bersangkutan jika positif, kemudian dilakukan konseling,” ujar salah satu anggota tim dari BNNP Jateng.

Kegiatan ini menjadi agenda rutin BNNP Jateng dalam program kerja satu tahun mendatang. Tim pelaksana tes urin dari Bagian Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jateng dilengkapi dengan laboran, dokter dan psikolog. (IH)