Berita Lembaga Berita Nasional Data Kebijakan Daerah

BNNP Jateng: Selama 2012, Ratusan Pelajar Semarang Akui Gunakan Narkoba

BNN
BNN

Semarang – Selama 2012, ratusan pelajar di Semarang Jawa Tengah mengakui pernah menggunakan narkotika. Temuan ini diungkapkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Jum’at pagi.

Dalam catatan BNNP Jateng, dari 750 pelajar di Kota Semarang yang mengikuti tes urine selama 2012, BNNP menemukan 121 pelajar mengakui pernah menggunakan narkotika.

“Pelajar merupakan usia rawan atas penyalahgunaan narkoba, bahkan satu diantara dua pelajar adalah pengguna narkoba,” ungkap Kombes Soetarmono, Kepala BNNP Jateng, Jum’at (17/5).

Menurut Soetarmono, alasan dasar para pelajar ini menyalahgunakan narkotika berawal dari rasa ingin tahu yang tinggi dan kemudian mulai mencoba-coba atas bujukan teman sebaya, dengan tujuan untuk bersenang-senang dan melupakan masalah internal keluarga.

Selama 2012, tes urine yang dilakukan BNNP Jateng tidak hanya menyasar kalangan pelajar, namun juga menyasar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang.

Dari 750 mahasiswa yang mengikuti tes urine, menemukan adanya 11 mahasiswa yang positif menggunakan narkotika secara teratur.(SM/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *