Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

BNNK Lhokseumawe Ajak Pramuka Cegah Narkoba

BNN
BNN

Lhokseumawe – Dalam rangka pencegahan terhadap bahaya Narkoba, Badan Narkotika Nasional Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menggaet anggota Pramuka sebagai kader anti Narkoba.

Kasi Pemberdayaan masyarakat BNNK Lhokseumawe Nurkhalida, Jum’at mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba, melalui kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif kepemudaan.

Untuk pelaksanaan awal, dilakukan di tiga desa dalam wilayah Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Antara lain, Gampong Tumpoek Teungoh, Ulee Jalan dan Gampong Uteun Bayi. Dimana, jumlah anggota Pramuka desa sebanyak Sembilan orang, serta ditambah 6 orang kader anti Narkoba di tiga desa tersebut, ujar Nurkhalida.

Sebagaimana arahan dari Kepala BNNK Lhokseumawe, kutip Nurkhalida, kepada anggota Pramuka desa dan kader anti narkoba, untuk dapat melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan pemberdayaan masyarakat, sebagai upaya pencegahan bahaya narkoba di desa-desa secara terus menerus.

Lanjut Nurkhalida, selain berupaya mengantisipasi bahaya narkoba melalui pencegahan dengan berbagai kegiatan positif, juga mendorong dan mengalang masyarakat agar bersama-sama  menjaga lingkungannya dari bahaya narkoba. Serta mempromosikan berbagai program yang menyangkut anti narkoba.

Nurkhalida menambahkan, melalui kader yang ada, masyarakat tetap diharapkan peran sertanya dalam memberantas narkoba. Apabila ada anggota keluarganya pemakai narkoba, pihak keluarga dapat berkordinasi dengan BNN untuk proses rehabilitasi agar tidak menjadi ketergantungan dengan narkoba dan dapat menjalani hidup sehat tanpa narkoba.

“Bila ada anggota keluarga atau masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba dapat mengikuti program Rehabilitasi di yayasan Tabina Aceh di Blang Panyang Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe,” ungkap Nurkhalida.(Ant)