Berita Lembaga Kebijakan Nasional

BNNK Batang Siap Rehabilitasi Pengguna NAPZA

BNN
BNN

Batang – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap merehabilitasi para pengguna napza atau pecandu narkotika dan obat-obat terlarang untuk menekan peredaran dan penyalahgunaan.

Kepala BNN Kabupaten Batang, Igor Budi Mardiyanto di Batang, Sabtu (17/8), mengatakan bahwa untuk menekan penyalahgunaan dan peredaran narkoba diperlukan adanya peran aktif masyarakat untuk menyampaikan informasi pemakai narkoba di lingkungan setempat.

“Laporkan pada kami jika di lingkungan masyarakat ada pemakai narkoba. Peran aktif masyarakat kami arapkan sebagai upaya mendukung pemberantasan narkoba,” katanya.

Menurut Igor, BNN tidak akan mencapai hasil maksimal terkait penyalahggunaan narkoba sehingga peran aktif masyarakat akan mendukung terciptanya bebas obat-obatan terlarang di daerah setempat.

Selama ini BNN sudah melakukan sosialisasi dan tes urine dibeberapa tempat, seperti instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan sebagai upaya mengetahui ada tidaknya pengguna narkoba.

“Akan tetapi, kami belum menemukan pemakai narkoba. Jika dalam sosialisasi dan tes urine terdeteksi positif menggunakan narkoba maka kami siap melakukan pendampingan dan pengobatan hingga mereka sembuh,” katanya.

Ia mengatakan bahwa para pemakai narkoba yang terdeteksi positif menggunakan obat terlarang maka akan dibawa ke institusi penerima wajib lapor (IPWL), yaitu rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menjalani proses rehabilitasi.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *