Berita Nasional

BNN-Unhas Kerjasama Cegah Perdagangan Narkotika Melalui Pulau Sebatik

BNN

Makassar – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Gorries Mere didampingi oleh Wakil Rektor IV Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas Prof Dr Andi Niartiningsih, MP dan Pembantu Dekan III FIKP Prof Dr Iqbal Burhanuddin, MSc, Deputi Rehabilitasi BNN dr Kusman Suryakusuma, mengunjungi Marine Station Universitas Hasanuddin (Unhas).

Marine Station Unhas ini berlokasi di Pulau Baranglompo Kota Makassar dan Pulau Badi Kabupaten Pangkep. Menurut Dwia seperti diberitakan Antara pada Rabu (18/4) menyatakan bahwa kunjungan ini berkaitan dengan rencana kerjasama Unhas dan BNN dalam pembangunan pasca rehabilitasi pasien narkoba.

Dwia menambahkan bahwa beberapa waktu lalu, BNN meminta pihak Unhas untuk meneliti manfaat aktivitas laut bagi penyembuhan pasien pasca rehabilitasi. Selain itu, BNN dan Unhas sedang mendiskusikan tersedianya ketrampilan produktif dengan memanfaatkan sumber daya laut untuk program tersebut.

Kunjungan ini juga membahas tentang kemungkinan kerjasama BNN dengan Unhas yang diberi kepercayaan untuk mengembangkan wilayah Pulau Sebatik, yang merupakan pulau terluar Indonesia. Pulau Sebatik dipandang BNN berpotensi sebagai pintu masuk jalur perdagangan narkoba dari Filipina dan Malaysia.

“Kepercayaan yang diberikan BNN ini terkait dengan peningkatan kesadaran pada warga masyarakat disana agar menjadi ujung tombak menangkal masuknya narkotika dari luar negeri,” ujar Dwia.

Dwia menambahkan bahwa kerjasama ini akan diawali dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Sebatik. Kerjasama ini akan penjadi perhatian penuh BNN dalam mencegah masuknya narkotika ke Indonesia melalui Pulau Sebatik. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *