Berita Berita Nasional Peristiwa

BNN Tes Urine Narapidana dan Pegawai Rutan Kolaka

 

Kolaka – BNN Kolaka Sulawesi Tenggara, Senin (11/6/2012) menggelar tes urine kepada ratusan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Kolaka, termasuk pegawai Rutan.

Hal ini dilakukan dilakukan untuk menanggapi laporan dari masyarakat, mantan narapidana kasus narkoba yang mengatakan kalau di dalam Rutan tersebut sering terjadi penggunaan narkoba jenis shabu dan ganja.

Menurut Kepala BNN Kolaka, Yunus Esa, pemeriksaan ini baru pertama kali dilakukan di Rutan Kolaka. Tujuannya untuk mencegah peredaran narkoba dari dalam Rutan.

“Ini sangat penting kita lakukan karena informasi yang didapatkan dari dalam Rutan Kolaka adanya praktik percobaan peredaran narkoba kepada sesama narapidana, terutama para narapidana kasus narkoba. Ini kan tidak menutup kemungkinan kalau ada peredaran narkoba di Kolaka yang dikendalikan langsung dari dalam Rutan,” katanya seperti diberitakan Kompas.

Kepala Rutan Kelas II B Kolaka, La Ludi menjelaskan, di Rutan ini terdapat 299 narapidana, 42 diantaranya terkait kasus narkoba.

“Dari seluruh narapidana kasus narkoba yang ada, satu diantaranya anak umur 16 tahun atas nama Renaldi. Dia ini tertangkap tangan mengedarkan ganja di kalangan anak SMP bulan lalu,” katanya.

Ia menambahkan, untuk narapidana yang terbukti menggunakan narkoba akan dikenakan sanksi dengan cara hak – hak napi tidak diberikan seperti tidak diusulkan bebas bersyarat, tidak mendapatkan remisi sampai tidak bisa mendapatkan cuti mengunjungi keluarga.

Sementara itu, untuk pegawai rutan yang secara positif menggunakan narkoba, akan dikenakan sanksi terberat sampai dengan pemecatan.

Setelah melakukan tes urine, BNN bulan depan akan melakukan sosialisasi kepada seluruh narapidana, tahanan maupun pegawai Rutan Kolaka.  (Kos)