Berita Nasional

BNN: Tangani Kampung Ambon Dengan Preventif, Bukan Hanya Represif

BNN

Jakarta – Menyikapi permasalahan narkoba di kawasan Kampung Ambon, Jakarta Barat, Badan Narkotika Nasional mengakui bahwa pemberantasannya tidak mudah.

Kepala Bidang Humas BNN Komisaris Besar Sumirat pada Kamis (3/5) mengatakan bahwa pemberantasan tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Selama ini, hal yang dilakukan oleh BNN adalah mengikis aktivitas di Kampung Ambon secara halus.

“Tidak bisa dilakukan dengan cara represif. Harus ada gabungan berbagai cara, termasuk upaya preventif,” ujar Sumirat seperti ditulis Tempo.

Menurut Sumirat, upaya pendekatan yang dilakukan BNN di Kampung Ambon selama dua tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

Sumirat menguraikan bahwa sebelumnya sangat sulit masuk ke Kampung Ambon. Jika ada petugas yang datang, suasama kampung tiba-tiba kosong tidak ada orang. Saat warga sudah memperbolehkan adanya pos terpadu BNN, yang sebelumnya dilarang.

Keterbukaan situasi Kampung Ambon ini berawal dari sebagian kecil kelompok masyarakat yang ingin kampungnya berubah, dan untuk itu jelas Sumirat, BNN membuka program pengembangan ketrampilan.

“Sudah mulai ada anggota masyarakat yang terlepas dari sindikat narkoba,” tambahnya. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *