Berita Nasional Kebijakan Nasional

BNN Tandatangani Kesepakatan P4GN dengan Menteri Pariwisata

Jakarta – Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yang diwakili oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Penandatanganan ini dilaksanakan di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik bersama dengan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BNN, Gories Mere pada Senin (8/8).

“Saya persilahkan seluruh fasilitas kebudayaan dan pariwisata yang dicurigai ada narkotika digeledah,” kata Jero Wacik dalam kesempatan ini.

Selain mempersilahkan penggeledahan fasilitas pariwisata dan tempat hiburan yang dicurigai, Jero Wacik juga mempersilahkan aparat hukum untuk menangkap jika ada hotel-hotel dicurigai menjalani transaksi narkotika.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada 2010 jumlah wisatawan asing yang masuk ke Indonesia sebanyak tujuh juta orang dan tahun ini ditargetkan mencapai 7,7 juta wisatawan.

“Dikhawatirkan, dari orang-orang yang masuk ke Indonesia tersebut, kemungkinan ada yang berpura-pura menjadi wisatawan tapi membawa narkotika. Untuk itu, bandar udara sebagai pintu masuk utama harus dijaga dan yang menjadi kurir narkotika tersebut harus ditangkap,” paparnya.

Sementara, Gories Mere dalam acara ini menyampaikan bahwa saat ini BNN sedang mencari cara supaya penerapan P4GN di hotel dan tempat hiburan tidak mengganggu pariwisata Indonesia. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *