Berita Nasional Kebijakan Daerah Kebijakan Nasional

BNN Sulteng Rehabilitasi 1.156 Orang Penyalahguna Narkotika

Palu – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah pada 2015 menargetkan rehabilitasi mental dan kesehatan sebanyak 1.156 orang penyalagunaan narkorba.

“Target itu bagian dari gerakan rehabilitasi 100 ribu pencandu dan penyalugunaan narkoba secara nasional selama tahun ini,” kata Kepala Bidang rehabilitasi BNN Sulteng, Wulan di Palu, Rabu.

Ia mengatakan sejak Januari hingga medio September 2015 ini telah tercatat 558 orang pencandu dan penyalagunaan narkoba yang menjalani rehabilitasi melalui rawat jalan.

Sementara sebanyak 99 orang menjalani rawat inap di tempat rehabilitasi di SPN Labuan dan Lapas Kelas II Palu.

Sedangkan lebih dari 100 orang pencandu dan penyalagunaan narkoba terpaksa direhabilitasi di Balai Rehabilitasi Pemerintah yang ada di Jabar dan Makassar.

Wulan juga mengatakan kebanyakan mereka yang direhabilitasi rawat inap maupun jalan dengan kesadaran sendiri datang melapor ke Kantor BNN Kota maupun provinsi.

Menurut dia, tingkat kesadaran para penyalagunaan narkoba untuk mendapatkan penanganan rehabilitasi semakin meningkat.

“Itu bisa dilihat dari saban hari ada sejumlah pengguna yang datang minta untuk segera direhabilitasi,”kata dia.

Data BNN Provinsi Sulteng menyebutkan selama 2015 hingga medio September tercatat ada sebanyak 657 orang pecandu dan penyalagunaan narkoba di daerah ini. Rata-rata mereka berusia dibawa 12 sampai 45 tahun.(AntaraSulteng.com)