Kebijakan Nasional

BNN Musnahkan Shabu dan Ekstasi Senilai 3 Milyar Rupiah

logo BNNJakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN), Senin (18/1) pagi memusnahkan 1.394 gram narkotika jenis shabu senilai Rp.3 Miliar.

ini merupakan barang bukti hasil penyitaan petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta dari tangan para penyelundup narkotika warga negara Iran.

Kepala Operasi dan Pengendalian BNN, Tommy Sagiman mengatakan bahwa selain barang bukti shabu tersebut, BNN juga memusnahkan 9.552 tablet ekstasi dari pelaku penyelundupan yang sama.

Adapun proses pemusnahan shabu dan ekstasi ini dilakukan dengan menggunakan cara dibakar dalam di dalam drum.

Berdasarkan harga dipasaran, nilai jual shabu mencapai Rp1,5 juta per-gram-nya sementara nilai tablet ekstasi sekitar Rp150 ribu per-butirnya.

Menurut Tommy Sagiman, pemusnahan narkotika ini berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang menjelaskan barang bukti tindak pidana narkotika harus dilakukan pemusnahan setelah mendapatkan ketetapan barang bukti dari kejaksaan setempat.

Tommy Sagiman mengungkapkan bahwa barang haram itu diamankan dari satu kelompok yang terdiri atas empat warga negara Iran, masing-masing bernama Mohammad Reza Asadi dan Abdollah Heidarigharjegghiyaei, sedangkan dua orang lainnya buron dan masih dalam pengejaran petugas.

“Maraknya penyelundup narkotika asal Iran, diduga disebabkan makin banyaknya warga China yang menetap di Iran,” ungakp Tommy Sagiman.

Terkait dengan hasil pengungkapan kasus penyelundupan narkotika, Tommy menyatakan pihaknya masih mengembangkan sejumlah kasus penyelundupan termasuk dua warga Iran yang tertangkap.

“Titik terang sudah ada tapi belum bisa dipublikasikan karena masih pengembangan,” ujar Tommy.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *