Berita Nasional Peristiwa

BNN Kembalikan Tersangka Sindikat Narkoba Internasional ke Cilacap

Purwokerto – Seorang narapidana kasus narkotika, Surya Bahadur Tamang alias Boski alias Kiran alias David, dipindahkan kembali oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ke Lapas Pasir Putih, Nusakambangan Cilacap pada Rabu (13/7).

Delapan petugas BNN mengawal tersangka setelah turun dari Kereta Api Argo Dwipangga jurusan Jakarta-Solo pada siang ini untuk menuju kantor kejaksaan di Cilacap. Demikian dinyatakan oleh salah satu anggota BNN yang mengawal tersangka.
Boski merupakan narapidana kasus narkotika yang pada Januari lalu dibawa BNN menuju Jakarta untuk pemeriksaan terkait terungkapnya kasus sindikat narkoba internasional dalam jaringan warga negara Nepal bekerja sama dengan warga negara Malaysia keturunan India dan warga negara Indonesia.

Ketika itu, selain Boski, BNN juga menangkap DR yang merupakan pegawai Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Purwokerto dan pernah bekerja di salah satu lapas di Nusakambangan, dalam kasus yang sama.

Barang bukti dari kasus ini antara lain sabu seberat 4.068,8 gram, heroin 895 gram, uang tunai sebesar Rp2.034.078.000, 189.458 dolar Amerika, 5 ringgit Malaysia, dan 7.400 real serta sejumlah buku tabungan dan kartu ATM dari berbagai bank swasta nasional.

Sejumlah barang bukti itu disita BNN. Boski bersama 12 orang tersangka lainnya diduga sebagai pengendali peredaran narkotika tersebut dari dalam lapas. (IH)