Berita Nasional Kebijakan Daerah

BNN dan BNP Kepri Latih 50 Guru Bimbingan Penyuluhan

logo BNN
BNN

Batam – Badan Narkotika Provinsi (BNP) Kepulauan Riau (Kepri) bekerjsama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba (P4GN) untuk 50 orang guru bimbingan penyuluhan (BP) utusan dari kota/kabupaten se-Kepri.

Acara ini selenggarakan selama 2 hari pada 27-28 Juli 2010 di Hotel PIH Batam Centre. Kombes Victor Pudjiadi dari Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba BNN beserta sejumlah artis ibukota, serta Kombes Suryawirawan, Kalakhar BNP Kepri, hadir sebagai pembicara.

Kegiatan ini diikuti guru BP dari 5 kota dan kabupaten di Kepri, kecuali Kabupaten Lingga dan Anambas. Seorang guru BP dari Bintan menyatakan kegiatan ini akan menambah ilmu baru untuk menghadapi dan mengindikasikan apakah siswa tertentu terkena narkoba atau tidak.

“Memang tidak mudah dan kadang kita juga takut karena kita tidak memiliki jaringan ke siapa mengadu jika ada siswa bermasalah narkoba. Dengan pelatihan ini, setidaknya kita bisa menginformasikan dan membantu siswa untuk bisa terhindar dari bahaya narkoba. Apalagi ada jaminan dari pihak BNP Kepri, setiap informasi yang diberikan dijamin tidak ditangkap, bahkan dijamin kerahasiannya,” ujarnya seperti diberitakan Tribunnews.

Sementara itu, Victor Pudjiadi yang telah mendapat tujuh rekor MURI dalam bidang penyuluhan narkoba di Indonesia, mendapat perhatian penuh dari seluruh peserta. Materi yang diberikan mulai dari pengertian, hingga praktik tentang cara mengetahui siswa bermasalah dengan narkoba.

“Kami menyebutnya Edutaiment. Gabungan dari pendidikan dan ilmu yang diselingi dengan tampilan ceria dan bernuasa tidak membosankan. Oleh itu, kita menghadirkan artis yang berperan sebagai penjahat dan ada juga sebagai korban. Intinya, peserta melihat, mendengar dan juga dapat memperkirakan kondisi yang terjadi jika perserta mengalaminya sendiri,” ujar Victor.(Tbn/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *