Film

Blow

Judul: Blow,
Sutradara: Ted Demme,
Bintang: Johnny Depp, Penelope Cruz, Ray Liotta, Rachel Griffith, Ethan Suplee, Jordi Molla,
Produksi: Holywood, 2001.

Resensi:

Blow adalah film yang menceritakan perjalanan hidup penyelundup kokain Amerika bernama George Jung (Johnny Depp) dengan mengambil setting kota Boston pada era 1960-an.

Selain Johnny Depp film yang disutradarai Ted Demme ini juga dibintangi oleh Pennelope Cruz dan Ray Liotta.

Cerita berawal dari masa kecil George Jung yang dibesarkan dengan nilai-nilai keluarga yang baik oleh orang tua yang bekerja dengan jujur. George kecil harus menghadapi masa-masa sulit ketika sang ayah Fred (Ray Liotta) mengalami kebangkrutan.

Sementara sang ibu Ermine (Rachel Griffith) selalu menuntut Fred untuk mendapatkan uang lebih banyak. Hal ini membuat George kecil melihat begitu pentingnya uang dalam hidup kendati sang ayah Fred selalu mengatakan kepada George bahwa uang bukanlah hal yang utama dalam hidup.

Ketika beranjak dewasa, George Jung bersama temannya yang bernama Tuna (Ethan Suplee) pindah ke California Selatan dan memulai bisnis ganja untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Ketika usaha bisnis ganja yang dijalankan George dan teman-temannya ini berkembang, George malah tertangkap karena terbukti menyelundupkan 660 pounds atau sekitar 300 kg ganja dari Meksiko ke Amerika dan menjalani hukuman selama 26 bulan di penjara Danbury, Connecticut.

Di dalam penjara George berkenalan dengan Diego Delgado (Jordi Molla) yang mempunyai koneksi dengan kartel kokain di Medelin, Kolombia.

George pun tertarik berbisnis dan dalam waktu singkat bisnis kokainnya ini pun berkembang dengan sangat pesat. Sayangnya ditengah sukses bisnisnya ini George dikhianati oleh mitra bisnisnya yang membuat George keluar dari bisnis kokain yang telah memberinya kekayaan.

Setelah keluar dari bisnis ini George kehilangan semua hartanya dan ditinggalkan oleh istrinya Mirtha (Penelope Cruz) yang membawa putri kesayangannya Kristina Sunshine Jung.

Dalam usaha untuk memenuhi harapannya agar dapat bersama putrinya dan memulai kehidupan baru di California, George bersedia memenuhi permintaan teman-teman lamanya untuk menyelundupkan ganja yang terakhir kalinya.

Namun ternyata itu semua adalah jebakan FBI untuk menjerat George Jung yang akhirnya menjalani hukuman selama 60 tahun.

Hal yang menarik dari film ini adalah kenyataan yang ditampilkan bahwa penjara telah menjadi tempat penggemblengan bagi para pelaku bisnis narkotika untuk meningkatkan level dan kemampuannya dalam bisnis narkotika.

Dalam film ini Johnny Depp memainkan peran George Jung dengan dramatis sebagai pengusaha narkotika yang tidak identik dengan gangster, namun lebih ke pribadi yang manusiawi dan mencintai keluarganya.

Satu hal yang disesalkan George Jung dalam menjalani kehidupannya sebagai pengusaha narkotika bukan karena mengecewakan orang tua terutama ayahnya, ataupun pengkhianatan yang dilakukan teman-teman dan mitra bisnisnya, penyesalan yang terus dirasakan selama menjalani hukuman adalah karena tidak menepati janji kepada putrinya untuk memulai kehidupannya yang baru sebagai seorang ayah.(Rif/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *