Berita Nasional Hukum

Berkas Kasus Shabu Pilot Lion Air Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Makassar

Makassar – Sebelum disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, berkas pemeriksaan pilot Lion Air berinisial HA dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Makassar oleh Kejaksaan Agung.

Tersangka HA ditangkap oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) di salah satu hotel di Makassar bersama tiga orang lainnya pada awal tahun 2012.

“Berkas dan tersangkanya sudah kami terima dari Kejaksaan Agung sebelum kasus ini disidangkan di Pengadilan Negeri Makassar,” ujar Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Makassar, Irwan Datuiding seperti diberitakan Antara pada Rabu (11/4).

Menurut Irwan, kasus ini awalnya ditangani oleh Kejaksaan Agung yang bekerjasama dengan BNN. Namun karena tempat kejadian perkara berada pada wilayah hukum Makassar, maka kasusnya akan tetap disidangkan oleh PN Makassar.

“Tersangka langsung kami jemput di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar, karena kasus ini sebelumnya ditangani langsung pihak Kejagung bersama dengan pihak BNN pusat,” ujarnya.

Selain berkas kasus perkara AH, Kejaksaan Agung juga melimpahkan berkas kasus tiga tersangka lain yang ditangkap bersama AH yaitu HA, serta dua orang perempuan yaitu NR dan IS ke Kejaksaan Negeri Makassar.

“Hingga sekarang kami masih menunggu hasil penyidikan lanjutan yang dilakukan jaksa kepada ke empat orang tersebut apakah akan dilakukan penahanan atau tidak,” imbuhnya.

Irwan menjelaskan bahwa meskipun berkas keempat tersangka ini sudah diterima, namun pihaknya belum bisa melakukan proses penahanan di rumah tahanan negara Makassar.

“Kami belum bisa memastikan apakah akan dilakukan penahanan karena jika merujuk perlakukan BNN kepada mereka ketika di Jakarta, tidak akan ada penahanan, HA dan AH hanya dimasukkan ke tempat rehabilitasi,” terangnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *