Hukum

Berkas Dua Anggota DPRD Semarang Dilimpahkan ke Kejari Denpasar

Denpasar, NapzaIndonesia.com – Berkas acara pemeriksaan (BAP) dua anggota DPRD Semarang EP (37) dan BS (45), Kamis (28/4) akhirnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Denpasar.

“Yang bersangkutan sudah kami terima, ditangani JPU Ketut Suryadi. Status penahanan mereka otomatis menjadi tahanan kejaksaan. Penahanannya diperpanjang selama 20 hari hingga 17 Mei 2011,” kata Kasubsi Penuntutan Kejari Denpasar, Eddy Arta Wijaya.

Kedua terdakwa yang sebelumnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Bali itu dijerat pasal 114 ayat 1 atau 132 ayat 1 UU RI No. 35 Tahun 2009, tentang Narkotika jo pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 atau pasal 131 undang-undang yang sama, dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara.

Mengetahui banyak wartawan yang ingin mengambil gambarnya, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya Andre Rahmat itu, sempat bersembunyi, masuk toilet yang ada di dalam ruang tahanan Kejari Denpasar.

“Mereka memang bersembunyi di toilet. Karena terlalu lama, kami khawatir juga, takutnya mereka melakukan hal-hal berbahaya di dalam toilet. Sempat kami minta agar keluar, tapi mereka menolak, karena mengetahui masih ada fotografer di luar sel,” ujar Eddy.

Seusai menyelesaikan berkas kelengkapan perkara, kedua terdakwa selanjutnya dititipkan ke rumah tahanan (rutan) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Denpasar di Kerobokan, Kuta.

Sebelumnya, EP yang merupakan anggota dewan Komisi C dari Partai Demokrat dan BS yang merupakan kader PDIP duduk di DPRD komisi A itu ditangkap petugas kepolisian pada 1 Februari 2011 di kamar 266 Hotel Ramayana Jalan Bakung Sari, Kuta, sekitar pukul 21.45 Wita.

Kedua tersangka yang saat itu tengah melakukan kunjungan kerja di Bali ditangkap karena kedapatan menyimpan 0,56 gram shabu-shabu. Sebuah paket shabu-shabu yang terbungkus plastik klip dan diikat dengan isolasi hitam itu disimpan dalam bungkus rokok.

Dari pengakuan kedua tersangka saat itu, barang tersebut dibeli seharga Rp1,9 juta dari seseorang di Bali dan rencananya akan digunakan bersama di sela-sela kegiatan kunjungan kerja.(Ant/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *