Berita Nasional Peristiwa

Bentrok di Penjara Altamira Bagian dari Bentrok Antar Kartel Narkotika

Anggota Kartel Zetas (ilustrasi)

Rio Bravo – Bentrok masal yang menewaskan sedikitnya 31 narapidana di penjara Altamira, negara bagian Tamaulipas, Meksiko disebabkan pertarungan antar dua anggota kelompok kartel obat bius yang selama ini saling memperebutkan wilayah kekuasaan di negara bagian Tamaulipas yang terletak di Teluk Meksiko.

“Bentrok antar tahanan terjadi sekitar tengah hari dan dikendalikan beberapa jam kemudian,” papar Guillermo Martinez, jurubicara pemerintah negara bagian Tamaulipas, Rabu (4/1).

Selanjutnya Guillermo Martinez juga mengatakan selain menewaskan 31 narapidana, bentrok antar dua kelompok tersebut juga melukai tiga belas narapidana lainnya.

Reuters melaporkan bentrok antar kartel narkotika yang selama ini saling memperebutkan rute penyelundupan di sepanjang perbatasan Amerika Serikat – Meksiko, juga telah menyebar ke dalam penjara-penjara di seluruh negara bagian Meksiko.

Oktober 2011 lalu, dua puluh narapidana tewas dalam pertarungan antar anggota kartel di sebuah penjara lain di Tamaulipas. Kemudian pada Juli 2011 sekitar 17 narapidana tewas di Ciudad Juarez yang berbatasan dengan El Paso, Texas, AS.

Sejak erang terhadap narkotika dicetuskan Presiden Filipe Calderon pada 2006 silam, sebanyak 46.000 orang tewas di Meksiko.

Kekerasan mulai terjadi di negara bagian Tamaulipas setelah terbentuknya kartel Zetas yang memisahkan diri dari kartel Gulf.(Rtr/Gen)