Berita Lembaga Kebijakan Daerah Peristiwa

BEM Usulkan Agar Tes Urin Juga Diberlakukan Bagi Anggota Polri

Test urine

Pamekasan – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai Perguruan Tinggi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengusulkan agar semua personel polisi mengikuti tes urine untuk mengecek apakah mereka menjadi pengguna narkoba atau tidak.

Usulan ini disampaikan mahasiswa dalam gelar audiensi dengan Kapolres AKBP Anjar Gunadi berseta jajarannya di aula Mapolres setempat, Selasa (11/1).

“Ini penting dilakukan agar semua personel polisi bebas dari dari narkoba,” kata Rasyid dari BEM Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat.

Untuk memberantas sebuah persoalan yang dilakukan oleh petugas, maka yang terlebih dahulu perlu dilakukan adalah pembersihan di lingkungan internal petugas itu sendiri.

Jika petugas saja masih ada yang melakukan pelanggaran hukum, seperti mengkonsumsi narkoba maka penegakan hukum akan sulit dilakukan.

“Artinya sebelum petugas melakukan penegakan hukum di internal harus bersih lebih dahulu,” katanya menjelaskan.

Selain persoalan tes urin yang juga sempat disampaikan mahasiswa dalam gelar audiensi dengan Kapolres dan jajaran Kepala Satuan (Kasat) di lingkungan Polres Pamekasan itu ialah tentang perilaku petugas.

Kata Rasyid, selama ini masih sering ditemukan perilaku petugas yang terkesan kurang simpatik terhadap masyarakat, baik terhadap masyarakat umum, maupun dari kalangan mahasiswa.

“Ini terbukti masih adanya praktik kekerasan yang dilakukan petugas sebagaimana yang dilakukan polisi di Bangkalan terhadap mahasiswa,” kata Rasyid menjelaskan.

Sementara menanggapi usulan itu, Kapolres Pamekasan AKBP Anjar Gunadi, menyatakan, pihaknya memang merencanakan akan melakukan tes urin terhadap semua anggotanya itu.

“Memang itu telah kami rencanakan, dan kami telah membeli alatnya,” kata Kapolres menjelaskan.

Hadir mendampingi Kapolres dalam gelar audiensi BEM se-Pamekasan dengan Kapolres Anjar Gunadi itu, Kasat Narkoba AKP Sarpan, Kasat Reskrim AKP Moh Nur Amin, Kasat Samapto Agus Sumartono, Kasat Intel AKP Kusmartono dan Kasat Lantas AKP Mahmud.(Ant)