Berita Internasional

Belasan Orang Tewas Dalam Bentrok di Meksiko

mexicoMexico City – Sekitar tigabelas orang tewas di sekitar kawasan wisata pantai Acapulco Sabtu (14/3) pagi akibat kekerasan yang diduga terkait narkoba, empat diantaranya ditemukan dipenggal, kata beberapa pejabat keamanan Meksiko.

Lima dari mereka yang tewas adalah petugas polisi patroli malam yang diserang sejumlah pria bersenjata dipinggiran kota Acapulco.

“Mayat delapan orang lainnya yang dilubangi-peluru ditemukan di beberapa tempat yang berbeda di sekitar Acapulco, dan empat dari mereka dipenggal,” ujar salahseorang penangungjawab keamanan yang tidak disebutkan namanya.

Presiden Meksiko Felipe Calderon telah mempertaruhkan jabatan kepresidenannya untuk menghancurkan geng-geng narkoba hingga keakar-rumput dan menewaskan sekitar 19.000 orang sejak ia memegang tampuk kekuasaan pada 2006. Sekitar 45.000 tentara dan polisi federal telah dikerahkan di seluruh negara itu.

Kelompok-kelompok obat bius yang bersaing dalam beberapa tahun belakangan sering berperang dalam memperebutkan wilayah di Acapulco, dna ini merupakan berita buruk dalam industri pariwisata.

Juni lalu, sedikitnya 18 orang tewas dalam tembak-menembak antara geng obat bius dan tentara di kota itu, yang menampung sekitar satu juta orang.(Ant)