Berita Internasional Kebijakan Global

Belasan Jenasah Korban Bentrok Antar Kartel Narkoba Ditemukan

Aparat Kepolisian Memeriksa Kendaraan Terbakar

Mexico City – Sebanyak tiga belas jenasah, Minggu (25/12) ditemukan dalam sebuah truk yang ditinggalkan di Meksiko bagian timur. Beberapa media setempat melaporkan, bahwa belasan jenasah ini merupakan korban bentrok antar dua kartel narkotika yang memperebutkan jalur penyelundupan di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat.

Truk yang ditinggalkan ini ditemukan petugas keamanan saat sedang melakukan patroli rutin di sekitar perbatasan sebelah timur antara negara bagian Veracruz yang kaya minyak dengan negara bagian Tamaulipas.

Media lokal juga menyebutkan bahwa sebuah pesan ditinggalkan para pelaku pembunuhan dengan menyebutkan bahwa para korban yang terbunuh merupakan korban persaingan antar kartel.

Kekerasan akibat persaingan antar kartel narkotika yang kerap terjadi di wilayah yang berdekatan dengan perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat kini telah bergeser ke negara bagian Veracruz yang posisinya berada di wilayah timur dan jauh dari perbatasan Mesiko-Amerika Serikat.

Pergeseran ini terjadi akibat adanya persaingan antar kartel narkotika terkait kontrol atas jalur perdagangan narkotika dari Meksiko ke Amerika Serikat.(Rtr/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *