Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Belanda Segera Reklasifikasi Ganja Berkadar THC Tinggi

Amsterdam, NapzaIndonesia.com – Kepopuleran kedai kopi penyedia ganja di Belanda kini menghadapi pembatasan baru yang lebih ketat. Pemerintah Belanda berencana melakukan penggolongan ulang ganja berkadar tetrahydrocannabinol (THC) tinggi menjadi satu kategori dengan napza berat atau hard drugs.

Pemerintah Belanda menyatakan, senyawa kimia aktif dalam ganja, yaitu THC, telah demikian meningkat, sehingga jauh lebih berpengaruh pada fisik manusia dibandingkan satu generasi yang lalu.

Artinya, kedai-kedai kopi di Belanda akan dipaksa menarik jenis-jenis ganja populer, yang berkadar THC tinggi dari lemari-lemari pajangnya. Dalam waktu dekat, ganja berkadar THC lebih dari 15% akan diperlakukan sama dengan napza berat lainnya, seperti kokain dan ekstasi.

Perubahan ini merupakan pukulan berat bagi kedai-kedai kopi di Belanda, mereka harus mengganti 80% persediaan ganja yang selama ini ditawarkan dengan varietas yang lebih ringan.

Marc Josemans, seorang pemilik kedai kopi di Maastricht mengatakan, ia percaya kebijakan baru yang ketat ini dipengaruhi oleh kelompok politisi kanan di yang berkuasa di Belanda.

Dengan perubahan ini, tolerasi tradisional negara Belanda terhadap napza ringan akan menjadi kenangan masa lalu.

Pelarangan terhadap ganja berkadar THC tinggi atau ‘skunk‘, diperkirakan berlaku awal 2012, ketika polisi akan mulai melakukan pemeriksaan acak di kedai-kedai kopi. Mulai 2010, pemerintah Belanda juga berencana melarang turis mancanegara memasuki kedai-kedai kopi di Belanda. Amsterdam dan kota-kota lain memprotes keras rencana pelarangan tersebut.(bbc/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *