Berita Internasional Berita Nasional

Bea Cukai Riau Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Bahan Shabu

Jakarta – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kantor Wilayah Selat Panjang, Riau, berhasil menggagalkan penyelundupan methamphetamine kelas satu seberat lima kilo gram senilai sekitar Rp10 miliar.

“Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah menyita methamphetamine dengan berat kotor lima kilo gram dari seorang penyelundup di kantor Bea dan Cukai Selat Panjang, Riau,” Jurubicara Kantor BC Selat Panjang Evi Suhartantyo.

Menurut Evi Suhartantyo, penangkapan ini terjadi pada Selasa, (20/12) Desember sekitar pukul 17.15 WIB, saat petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Selatpanjang mencurigai dan membuntuti sebuah kapal yang akan bersandar.

Kemudiian setelah melakukan pengecekan, menemukan barang terlarang itu yang rencananya akan dimasukkan ke Indonesia lewat Riau.

Menurutnya narkotika ini dibawa KM. Green 5 dengan rute Batu Pahat (Malaysia) – Selatpanjang (Indonesia) melalui Dermaga Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Selatpanjang.

Petugas pun menggelandang para awak kapal yang berinisial WN, ND, AN, RM, AM untuk pemeriksaan secara mendalam terhadap barang bawaan ABK KM. Green 5. Untuk selanjutnya pihak Bea dan Cukai menyerahkan semua barang terlarang dan awak kapal kepada pihak Kepolisian.

Untuk diketahui metamfetamin termasuk dalam Narkotika Golongan I. Para tersangka dianggap melanggar pasal 113 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp10 miliar.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *