Berita Nasional Peristiwa

Bea Cukai Ngurah Rai Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 2,9Kg Shabu

Bea & Cukai

Tuban – Petugas Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai, Bali, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan psikotropika jenis shabu-shabu 2,993 Kg senilai hampir Rp7,5 miliar.

Menurut Made Wijaya, Kepala Kantor Bea dan Cukai, Bandara Ngurah Rai, shabu ini dibawa oleh seorang warga negara Afrika Selatan yang bernama Brett Theo Savage (44).

Made Wijaya menerangkan, tersangka ditangkap pada Rabu (19/10) sekitar pukul 13.20 Wita di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Ngurah Rai.

Tersangka ditangkap sesaat setelah turun dari pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 942 dengan rute penerbangan Johannesburg – Singapura – Denpasar.

“Saat itu petugas mencurigai seseorang laki-laki atau penumpang yang akan melewati pintu pemeriksaan X-Ray. Sesuai standar, dia kemudian diperiksa, dan kembali diperiksa secara mendalam dengan membongkar koper yang dibawanya,” papar Made Wijaya.

Setelah tas koper berwarna hitam biru itu dibongkar, petugas menemukan sebuah bungkusan yang dibalut dengan lakban hitam dan disembunyikan pada rongga bagian dalam tas koper.

“Saat dibuka ternyata koper ini berisi kristal putih yang diduga sebagai narkotika, dan setelah dilakukan tes, kristal tersebut positif mengandung sediaan narkotika golongan I jenis methamphethamine atau sabu-sabu seberat 2,993 Kg,” jelasnya.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *