Berita Nasional Kebijakan Daerah

Bea Cukai Kudus Sita Ratusan Ribu Linting Kretek Ilegal

Bea dan Cukai

Kudus – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah, menyita sebanyak 246.100 batang rokok ilegal dari berbagai merek.

Menurut Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus, Nugroho Wahyu Widodo, di Kudus, Rabu (14/3), penyitaan ratusan ribu rokok ilegal jenis sigaret kretek tangan (SKT) pada Selasa (13/3) itu, merupakan hasil pengembangan petugas setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Selanjutnya, kata dia, pada 13 Maret 2012 melakukan pemeriksaan terhadap bangunan yang beralamat di Desa Kalipucang Kulon, Kecamatan Welahan, Jepara.

“Informasi awal, tempat tersebut diduga kuat digunakan sebagai tempat pembuatan rokok ilegal,” ujarnya.

Ia mengatakan, bangunan semi permanen yang sudah tidak layak huni tersebut, awalnya digunakan untuk penyimpanan batu bara yang terletak di tepi sawah.

Petugas menemukan sebanyak 246.100 batang rokok ilegal dari lima merek, serta satu karung berisi 16 kilogram tembakai campur, dua karung etiket rokok merek “super raja”, dua buah alat linting, dan empat buah tampah.

Pada saat digerebek, petugas Bea dan Cukai Kudus juga mendapati empat pekerja, sehingga mereka juga dimintai keterangannya.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *