Berita Nasional Hukum

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Shabu Rp3,6 Miliar

Tangerang – Petugas Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten menggagalkan penyelundupan narkoba jenis shabu seberat 1.681 gram atau senilai Rp3,6 miliar.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Baduri Wijayanta di Tangerang, Senin, mengatakan pelaku upaya penyelundupan shabu, yakni warga negara Iran seorang wanita berinisial KM (51) dengan menggunakan Qatar Airlines (QR-638) di terminal kedatangan luar negeri Bandara Soekarno-Hatta.

Baduri menuturkan pelaku melakukan upaya penyelundupan dengan modus baru memasukan cairan kristal ke dalam dua kaleng parfum dan satu tabung oksigen yang dikemas sedemikian rupa untuk mengelabui petugas.

“Modus init tergolong baru dan menarik untuk mengelabui petugas,” kata Baduri.

Baduri mengungkapkan wanita separu baya itu mengaku sudah pernah datang ke Indonesia tiga kali, namun baru kali ini pelaku membawa dan berusaha memasukan barang haram secara ilegal.

Saat ini petugas Bea Cukai bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional dan Mabes Polri berupaya untuk mengembangkan dan menelusuri jaringan penyelundupan shabu internasional tersebut.

Hingga saat ini, Bea Cukai masih melakukan konferensi terkait kasus pemasukan barang ilegal jenis methamphetamin itu.(Ant)