Berita Internasional Peristiwa

Bea Cukai Dubai Gagalkan Penyelundupan 500 Ribu Butir Pil Amfetamin

Abu Dhabi – Petugas Bea dan Cukai Pelabuhan Jebel Ali menangkap seorang yang tidak disebutkan namanya, karena berusaha menyelundupkan 500ribu butir pil stimulan bermerek Captagon. Demikian dirilis kantor berita Emirat Agency, Senin (6/8) waktu setempat.

Pil stimulan ini ditemukan dalam kontainer dari sebuah negara di wilayah Arab dan berisi 77 gulungan kain. Kontainer ini rencananya akan dikirimkan ke sebuah negara lain dalam kawasan Uni Emirat Arab.

“Penangkapan ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap gulungan kain yang kepadatannya tidak sama. Anjing terlatih kemudian dibawa untuk mengendus gulungan kain tersebut dan menemukan 500 ribu butir Captagon,” ujar seorang juru bicara Bea Cukai Dubai.

Ia juga mengatakan bahwa lokasi strategis Dubai dimanfaatkan oleh geng penyelundupan narkoba di wilayah Uni Emirat Arab.

Menurut PBB, pil stimulan dengan nama kimia Fenethyline ini terkenal dengan merek dagang Captagon dan merupakan salah satu jenis psikotropika paling populer untuk disalahgunakan di wilayah Timur Tengah.

Sejak 1986, Fenethyline dikategorikan sebagai jenis obat ilegal oleh badan kesehatan dunia, WHO, karena proporsi terbesar bahan dasar pembuatannya menggunakan Amfetamin. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *