Berita Nasional Peristiwa

Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Sita 270 Gram Shabu Asal Karibia

Bea dan Cukai

Tangerang – Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Jum’at (9/12) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan shabu seberat 270 gram senilai Rp540 juta yang dikemas dalam bentuk sabun.

“Shabu tersebut diamankan dalam enam paket berupa sabun merk dudu osun,” ungkap Kepala Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Oza Olavia Tangerang, Jumat (9/12).

Paket shabu ini diselundupkan seorang warga Nigeria berinisial CN, yang ditunjukan kepada Zul, warga Makasar, Sulawesi Selatan.

“Penyelundupan bahan terlarang tersebut merupakan modus baru karena dikemas dalam sebuah alumunium foil dan dimasukan dalam sabun mandi” kata Oza Olavia.

Setelah dilakukan, pemeriksaan mendalam, dari 12 sabun yang ada di dalam paket, enam diantaranya terdapat kristal bening, yang setelah di uji laboratorium di BPIB Jakarta, dinyatakan positif methamphetamin.

Selain sabun berisi shabu, petugas juga menyita paket bromazepam yang akan dikirim melalui paket tersebut, tetapi terdeteksi oleh petugas.

Bromazepam yang merupakan obat penenang jenis psikotropika tersebut dikemas dalam kotak berisikan cokelat. Estimasi nilai bromazepam adalah 450 ribu” katanya.

Paket itu dikirim dari Martinique Kepulauan Karibia dengan nama pengirim berinisial AJC dan penerima berinial LS di Bali. Namun sampai saat ini penerima kedua paket tersebut belum bisa ditangkap. Kemungkinan keduanya telah mengetahui bahwa paket kiriman milik mereka telah diamankan petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

“Kemungkinan penerima sudah mengetahui paket yang telah dicegah. Saat ini barang bukti diserahkan ke penyidik Badan Narkotika Nasional untuk pengembangan lebih lanjut,” katanya.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *