Berita Nasional Peristiwa

Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan 7,1 KG Shabu

Bea dan Cukai
Bea dan Cukai

Jakarta – Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarnoo-Hatta, Banten, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan shabu-shabu yang dilakukan kurir jaringan narkotika internasional asal India dan China. Adapun ketiga tersangka ditangkap dari tiga penerbangan yang berbeda.

SB dan KB dua warga negara India, keduanya ditangkap di waktu yang berbeda. SB ditangkap pada pagi hari dengan barang bukti berupa 5 kilogram shabu senilai 6,7 miliar rupiah. SB menyembunyikan shabu ini dalam dinding koper. Sementara KB ditangkap malam harinya dengan barang bukti shabu 1,6 kilogram atau senilai 2,2 milyar rupiah yang disembunyikan dalam kotak mainan berbentuk sofa.

Dari pengembangan atas kedua warga India ini, petugas kemudian berhasil menangkap LH, warga negara Indonesia yang berperan sebagai penjemput kedua tersangka di bandara.

Selain itu, petugas Bea dan cukai juga menangkap seorang warga negara Taiwan berinisial HJ. Dari tangan tersangka petugas menyita shabu seberat 482 gram yang disembunyikan HJ di pakaian dalamnya.

Total barang bukti yang disita petugas bea dan cukai Bandara Soekarno Hatta dari tertangkapnya para tersangka mencapai 7,1 kilorgam atau senilai 9,6 milyar rupiah. (Ind/Gen)