Berita Nasional Hukum

Bawa Shabu 2,7 Kg, Warga Jepang Divonis Hukuman Seumur Hidup

Pariaman – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pariaman, Sumatera Barat, menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada warga Jepang, Masaru Kawada (73), karena terbukti menyelundupkan shabu-shabu seberat 2,7 kilogram.

Pada sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Pariaman, Rabu, Hakim Ketua Jon Effreddi, menjatuhkan hukuman jauh lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Budi Prihalda dan Amrizal sebelumnya, yakni 16 tahun penjara.

“Tersangka terbukti secara hukum telah melanggar pasal 113 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika,” katanya.

Jon Effreddi menambahkan, tersangka dijatuhi vonis seumur hidup dengan pertimbangan selama ini selalu bersifat kooperatif dan bersikap sopan dalam proses persidangan, dan mengakui kesalahannya.

Hakim juga memutuskan hukuman tersebut juga didasarkan atas tersangka yang telah lanjut usia.

Jon Effreddi mengatakan, hukuman tersebut diberikan kepada tersangka karena sudah menyangkut kejahatan yang mengancam keselamatan hidup orang banyak.

“Saat ini situasi Negara Indonesia sedang darurat narkoba. Negara kita dijadikan sebagai salah satu pasar peredaran narkoba jaringan internasional dan obat-obat terlarang,” kata dia.

Ia mengatakan, jika tersangka tidak berhasil ditangkap oleh kepolisian dan Bea cukai Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maka sudah dipastikan akan mengancam sekian ribu masyarakat.

Ia menyebutkan, tersangka bersama dengan kuasa hukumnya bisa melakukan banding paling lama tujuh hari setelah sidang tersebut diputuskan untuk melakukan pembelaan.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *