Peristiwa

Bawa Kokain Dalam Mulut, Wanita Asal Prancis Ditangkap

Bea Cukai

Kuta – Seorang wanita yang mengaku staf Kedutaan Besar Prancis beninisial KE (52), ditangkap oleh petugas Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali pada Sabtu (2/7) sesaat setelah turun dari pesawat Air Asia FD 367 dari Bangkok tujuan Denpasar.

“Saat diperiksa, tersangka terbukti menyimpan kokain di dalam mulutnya,” ujar I Made Wijaya, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Ngurah Rai, Senin (4/7).

Barang bukti berupa 3,17 gram bruto kokain ini terbungkus empat plastik bening yang dilapisi dengan tisu dan disimpan dalam mulut tersangka.

Penangkapan terhadap tersangka berawal saat petugas bea cukai tengah melakukan pemeriksaan prosedur penumpang melalui X-Ray atas barang bawaan tersangka, namun ketika tersangka menjalani pemeriksaan dengan menggunakan iso scan, dalam tubuh tersangka terdeteksi 27 persen kokain.

“Saat petugas melakukan pemeriksaan di ruang tertutup oleh salah satu petugas bea cukai wanita, ditemukan barang bukti kokain senilai kurang lebih dua juta rupiah. Kami menyerahkannya ke Polda Bali,” lanjut Wijaya.

Saat ini, tersangka sedang dalam proses pemeriksaan di Polda Bali. Tersangka dapat dijerat pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan acaman hukuman maksimal hukuman mati dan denda paling besar 10 miliar rupiah, sedangkan hukuman paling singkat yakni lima tahun penjara dan denda sebesar 1 miliar rupiah. (AM/IH)