Berita Internasional Hukum Kebijakan Global

Bawa Ganja di Malaysia, Hendrawan Lolos dari Hukuman Mati

Kuala Lumpur – Hendrawan Gunawan (34) warga negara Indonesia terpidana mati dalam kasus ganja, berhasil lolos dari hukuman tersebut setelah Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Negara Putrajaya, Malaysia mengabulkan pengajuan bandingnya.

Juru Bicara Pengadilan Tinggi Negara Putrajaya, Saiful Aiman Kumalasa di Kuala Lumpur, Kamis (22/3), mengungkapkan bahwa WNI asal Medan ini diadili atas kasus ganja yang didapati polisi di dalam mobil yang ditumpangi terdakwa bersama ketiga orang rekannya.

Hendrawan ditangkap polisi pada 1 Maret 2004 sekitar pukul 21.00 di USJ Subang Jaya yang berhadapan dengan Summit Hotel.

Pada saat itu, Ia bersama ketiga rekannya mengunakan mobil dan polisi menyebutkan telah ditemukan ganja seberat 922 gram di tempat duduk belakang sopir.

Dalam pembelaannya, Hisamudin Teh, pengacara Hendrawan mengatakan bahwa terdakwa harus dibebaskan karena polisi tidak menemukan sidik jari terdakwa ada pada barang bukti yang diajukan ke pengadilan.

Dalam nota bandingnya pengacara terdakwa juga menyebutkan bahwa terdakwa harus dibebaskan dari hukuman mati karena polisi telah membebaskan salah seorang rekan terdakwa yang bernama Agus.

Atas pengajuan banding tersebut majelis hakim diketuai Datok Seri Abu Sama Bin Nordin mengabulkan permohonan banding terdakwa agar dibebaskan dari hukuman mati yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam, Selangor.(MI/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *