Berita Nasional Peristiwa

Barang Bukti Kasus Narkotika Senilai 1,1 Trilyun Dimusnahkan Polda Metro

Polri

Jakarta  –  total barang bukti senilai Rp 1,1 triliun dari ratusan kasus narkotika yang ditangani wilayah hukum Polda Metro Jaya, dimusnahkan di area pemusnahan dan dokumen kawasan Angkasa Pura Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (5/7).

“Narkotika jenis shabu sebanyak 362,525 kg, ekstasi sebanyak 1.053.531 butir, heroin 194,04 gram, kokain 1,203 gram merupakan narkoba jaringan internasional yang didatangkan dari Meksiko-Iran-Belanda-China-Thiland-Myanmar-Malaysia-dan di Indonesia. Adapun jenis daun ganja kering sebanyak 118,27 kg, berasal dari sindikat nasional narkotika lintas Aceh, Medan, dan Jakarta. Daun ganja tersebut berasal dari Aceh,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Untung S Rajab seperti diberitakan AntaraNews.com.

Dia mengatakan, barang yang berhasil disita itu merupakan hasil penangkapan di Ibu Kota pada kurun waktu Mei-Juni 2012.

“Rata-rata narkotika tersebut didatangkan dari luar melalui jalur laut yang melintasi pulau-pulau kecil,” tambahnya.

Pemusnahan ini menggunakan alat insinerator yang bersuhu sngat tinggi, agar barang bukti itu benar-benar habis terbakar dan tidak menimbulkan efek negatif terhadap masyarakat sekitar.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro, Kombes Nugroho Aji, mengatakan maksud pemusnahan narkoba ini guna menunjukkan pelaksanaan tugas Polri secara transparan. Untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat, tidak ada barang bukti yang disimpan atau dislahgunakan oleh Polri. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *