Berita Internasional

Awas, Ketahuan Minum Alkohol Sembarangan Bisa Didenda Tiga Juta Rupiah

Thailand

Bangkok – Saman Futrakul, Direktur Kantor Pengendalian Minuman Beralkohol, Departemen Pengendalian penyakit, Thailand, Kamis (23/8) mengumumkan larangan baru yang berisikan tentang larangan mengkonsumsi dan menjual minuman beralkohol di kantor-kantor pemerintah dan BUMN setempat. Adapun pelarangan ini mulai berlaku secara resmi pada Kamis (23/8).

Larangan ini juga berlaku di dalam kantor otoritas transportasi masal cepat Thailand atau Mass Rapid Transit Authority of Thailand, kantor Lotere Pemerintah, kantor Monopoli Tembakau Thailand, kantor Otoritas Pariwisata Thailand dan kantor Otoritas Pelabuhan.

Menurut Dr Saman, bagi siapapun yang melanggar akan dikenai pidana kurungan enam bulan penjara dan denda tidak lebih dari 10.000 bath atau berkisar 3 juta rupiah.

Harian Bangkok Post mengatakan, pengumuman resmi yang dilakukan kantor perdana menteri ini menyusul dua larangan serupa lainnya, dimana pada 7 Agustus lalu, pemerintah Thailand melarang mengkonsumsi alkohol di pabrik-pabrik. Larangan kedua pada 8 Agustus lalu yang melarang mengkonsumsi alkohol saat mengemudi atau naik kendaraan di jalanan umum kecuali kereta.

Ketiga larangan ini masing-masing akan berlaku efektif dalam 90 hari setelah diumumkan dan meminta siapa pun untuk mematuhi larangan tersebut, Dr Saman mengatakan.(Bkp/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *