Berita Internasional

AS Habiskan 30 Juta Dolar Untuk Tangkap Produsen Narkotika

Washington – Dalam upaya menangkap seorang produsen narkotika kelas kakap, pemerintah Amerika Serikat (AS) menghabiskan dana setidaknya 10 juta dolar setiap tahunnya. Dana ini digunakan untuk membayar informan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Demikian disampaikan oleh seorang pejabat senior pemerintah kepada anggota parlemen seperti dilansir Antara, Kamis (8/3). Hal ini dibenarkan oleh Brooke Darby, wakil asisten Menteri Biro Narkotika Internasional dan Penegakan Hukum.Darby mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri, yang menjadi sponsor program ini, telah menghabiskan sekitar 71 juta dolar AS sejak diluncurkan pada tahun 1986.

“Di pesisir barat, dan terutama di Kolombia, Meksiko dan Venezuela, program hadiah atas informasi narkotika telah membantu menangkap dan menyeret para bos besar narkotika ke pengadilan,” ujar Darby.

Darby menyebutkan keberhasilan program ini antara lain adalah komandan Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) di Kolombia, Guillermo Leon Saenz-Vargas, yang lebih dikenal sebagai Alfonso Cano, yang tewas dalam serangan bulan November.

Selain itu, pimpinan organisasi perdagangan narkotika Arturo Beltran Leyva di Meksiko, Marcos Arturo Beltran Leyva tewas dalam operasi penangkapan setelah adanya pengumuman hadiah penangkapan pada Desember 2009 lalu bagi para anggotanya.

Darby menambahkan bahwa para kepala jaringan distribusi logistik kokain di Kolombia dan Venezuela juga telah dibawa ke pengadilan melalui program ini. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *