Advokasi Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Nasional Tembakau & Rokok

APTI: RPP Tembakau Merupakan Pesanan Asing

Jakarta – Kebijakan pemerintah terkait regulasi tembakau mendapat kecaman dari Ketua Asosiasi Petani tembakau Indonesia (APTI). Menurut mereka Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengendalian Dampak Buruk Tembakau terhadap Kesehatan merupakan pesanan asing.

“Isinya lebih kepada agenda menghancurkan industri kretek nasional daripada agenda pengendaliannya,” kata Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Wisnu Brata di gedung Mahkamah Konstitusi, Senin (19/12).

Menurut Wisnu, RPP Pengendalian Tembakau itu berpotensi mengancam hak hidup buruh petani dan para pekerja yang menggantungkan hidup dari tembakau.

Karena itu, pihaknya pada Kamis (22/12), berencana menggelar aksi bersama di empat kota sekaligus untuk menolak pengesahan RPP Pengendalian Tembakau yang terkontaminasi kepentingan asing.

Adapun aksi damai itu, nanti diikuti puluhan ribu petani dan buruh tani di empat kota sekaligus, yakni Kendal, Temanggung, Boyolali, dan Kudus.

“Dan tentu kami tidak akan berhenti di situ saja, kami akan terus melakukan gerakan penolakan RPP Pengendalian Tembakau itu,” ujarnya.

Sementara Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elisto, menjelaskan dampak regulasi antitembakau itu justru memberikan keuntungan bagi kepentingan industri rokok asing di Indonesia.

Sementara, petani tembakau lokal terancam dengan terus meningkatnya impor tembakau.

“Nanti pasar tembakau lokal hilang akibat tutupnya ribuan pabrik kretek lokal,” kecam Nining.(Rep/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *