Buku

Amexica: War Along the Borderline

Judul: Amexica: War Along the Borderline
Pengarang: Ed Vulliamy,
Bahasa: Inggris,
Halaman: 368
Penerbit: Farrar, Straus and Giroux
Tahun: 26 Oktober 2010,

 

Resensi: Robert J. Stevenson, Ph.D

 

Ditulis oleh seorang jurnalis Inggris terkemuka yang tinggal di Arizona dan London, Amexica adalah sebuah buku komprehensif, historikal, dan tidak ketinggalan zaman. Sebuah dongeng jujur yang disajikan lewat perjalanan fisik dan pembelajaran sepanjang perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko yang dalam banyak segi merupakan sebuah kebudayaan tersendiri: bagian dari dua negara tetapi tidak sepenuhnya menjadi milik salah satu negara.

Sebagian dari buku ini adalah perjalanan sosial, sebagian adalah observasi mendalam, sebagian adalah usaha kritis untuk memahami isu-isu kompleks, sebagian adalah wawancara dan refleksi, sebagian adalah dokumentasi korupsi sistemik dan eksekusi publik, mutilasi, barbarisme, kemerosotan dan harapan.

Buku ini adalah jurnalisme superior, ditulis dengan menarik dan sangat informatif. Kebijakan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiksi) terkini telah menciptakan kekejaman dan menggerogoti peradaban, menukarnya dengan ketakutan dan kebisuan.

Kata ‘perang’ bukanlah sekedar metafora, dan hal ini membutuhkan perhatian dan refleksi serius untuk menginformasikan kegagalan kebijakan ‘perang’ tersebut.

Bila anda hanya dapat membaca satu buku tentang kebijakan NAPZA, bacalah buku ini. Mungkin, suatu hari nanti seorang jurnalis atau pelajar Meksiko akan benar-benar bebas menulis tentang hal ini.

Kita berhutang pada anak-anak yang hidup di perbatasan, yang setelah semua yang terjadi akan menjadi orang-orang yang paling berkepentingan memahami masalah NAPZA. (amz/YS/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *