Film

American Drug War

Judul : American Drug War
Jenis : Dokumenter
Durasi : 120 menit
Sutradara : Kevin Booth

Resensi:

35 tahun setelah Presiden Amerika Serikat Ricard Nixon memulai perang terhadap narkoba, Amerika menuai lebih dari 1 juta ‘warga binaan’ narkotika non-kekerasan yang hidup dibalik jeruji besi.

Perang Terhadap Narkoba telah menjadi perang terpanjang dan termahal dalam sejarah Amerika, pertanyaan yang muncul, berapa lama lagi negara ini akan bertahan?

Film dokumenter American Drug War ini terinspirasi dari kematian empat anggota keluarga Kevin Booth (sutradara) karena penggunaan ‘napza legal‘.
Kevin Booth, film maker asal Texas berniat untuk menemukan mengapa perang terhadap narkoba adalah sebuah kegagalan besar.

Dalam 3,5 tahun masa pembuatan film ini, Kevin Booth mengikuti anggota gang, beberapa mantan agen DEA, pejabat-pejabat CIA, pejabat-pejabat di bidang NAPZA, hakim, politisi, warga binaan dan pesohor di Amerika.

Hal yang paling menonjol dalam film ini adalah mengangkat kisah tentang Freeway Ricky Ross, lelaki yang dituduh banyak pihak sebagai orang yang bertanggung jawab atas epidemi Crack Cocaine di Amerika, yang setelah ditahan akhirnya menemukan bahwa bandar kokain tempat Ia mendapatkan barang, ternyata bekerja untuk CIA.

American Drug War menunjukkan bagaimana, uang, kekuasaan, ketamakan telah merusak, bukan saja pada pengedar NAPZA, tetapi seluruh sistem pemerintahan.

Film ini bukan sebuah film yang ‘pro-pengguna napza’, tapi sebuah kumpulan kesaksian (testimoni) para ahli dari kelas akar rumput hingga pada para petinggi yang berada dibalik perang terhadap narkoba.

Setelah 4 tahun masa produksi termasuk beberapa ‘test screening’ yang cukup laku keras di New York, Austin dan Los Angeles, versi akhir dari American Drug War-The Last White Hope, pun diluncurkan ke publik.(YS)

One thought on “American Drug War”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *