Berita Internasional HIV/AIDS Riset

Alkohol Pengaruhi Perilaku Seks Tidak Aman

Alkohol sebabkan seks tidak aman?

Jakarta – Mengonsumsi alkohol yang diminum secara langsung dapat memperbesar risiko melakukan hubungan seks yang tidak aman.

Menurut jurnal ilmiah yang dikutip Foxnews menyebutkan bahwa rata-rata, setiap 0.1 miligram per mililiter peningkatan  kadar alkohol dalam darah telah meningkatkan kecenderungan melakukan hubungan seksual yang tidak aman sebesar 5 persen.

Hasil riset para peneliti asal Kanada ini mengacu pada 12 penelitian yang menguji hubungan antara kadar kandungan alkohol dalam darah orang dan keinginan mereka menggunakan kondom selama berhubungan.

Dalam semua percobaan itu, para peneliti memisahkan partisipan penelitian ke dalam dua kelompok, Peneliti  meminta satu kelompok untuk mengonsusmsi alkohol, sementara kelompok lain tak meminumnya.

Para partisipan kemudian melaporkan apakah mereka melakukan hubungan seks yang tidak aman. Temuan itu membantu menjelaskan bagaimana orang yang minum terlibat dalam perilaku seks tidak aman.

“Alkohol mempengaruhi proses keputusan seseorang sebelum melakukan hubungan seks.” papar Jorgen Rehm, direktur The Social and Epidemiological Research at Canada’s Centre for Addiction and Mental Health.

Dalam 12 penelitian yang diulas para peneliti, semakin banyak partisipan mengonsumsi, maka semakin tinggi kerelaan mereka untuk terlibat dalam perilaku seks tidak aman.

“Minum memiliki dampak penyebab kecenderungan terlibat dalam perilaku seks tidak aman, seharusnya  hal itu harus disertakan sebagai faktor besar dalam upaya pencegahan HIV,” kata Rehm.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *