Berita Internasional Riset

Alkohol Membantu Proses Belajar dan Mengingat Bawah Sadar

Hitoshi Morikawa

Austin – Walaupun alkohol dapat merusak sebagian otak, bagian lain dari otak yang berfungsi untuk belajar terbantu oleh alkohol, demikian fakta yang ditemukan oleh beberapa peneliti AS.

Ahli neurobiologi Hitoshi Morikawa dari Waggoner Center for Alcohol and Addiction Research, sebuah pusat penelitian alkohol dan adiksi di University of Texas, Austin, menyatakan bahwa meminum alkohol  memicu area-area tertentu pada otak untuk belajar dan mengingat dengan lebih baik.

Tetapi, pandangan umum bahwa konsumsi alkohol memperburuk proses belajar dan mengingat tidaklah salah, ungkap Morikawa.

“Biasanya, ketika kita membicarakan proses belajar dan mengingat, kita membicarakan ingatan sadar,” kata Morikawa.  “Alkohol mengurangi kemampuan seseorang untuk menyatukan potongan-potongan informasi, seperti nama kolega, atau definisi sebuah kata, atau dimana seseorang memarkir mobilnya pagi ini. Tetapi ingatan bawah sadar kita juga belajar dan menyimpan memori, dan alkohol dapat meningkatkan kapasitas seseorang untuk belajar pada tingkatan dan keadaan tertentu.”

“Pecandu alkohol tidak mencandu pada pengalaman kenikmatan alkohol, tetapi pada konstelasi lingkungan, perilaku dan faktor fisiologis yang timbul ketika alkohol memicu lepasnya dopamin di otak,” demikian penjelasan Morikawa. “Orang kebanyakan berfikir, dopamin adalah pemancar rasa bahagia atau kenikmatan, tetapi yang lebih akurat, dopamin adalah pemancar proses belajar.”

Penelitian yang dipublikasikan di the Journal of Neuroscience menyatakan bahwa alkohol yang digunakan dalam model penelitian ini adalah sebuah pemicu, yang membajak sistem dopaminergi yang mengirim pesan pada otak bahwa apa yang sedang dilakukan seseorang pada saat itu menyenangkan, dan perlu dilakukan berulang-ulang.

Alkoholisme sendiri adalah sebuah perilaku bawah sadar yang dipelajari, karena alkohol memudahkan alkoholisme menjadi perilaku yang konsisten dilakukan. Menurut penelitian Morikawa, proses itu membentuk pola belajar yang dipengaruhi oleh alkohol.(UPI/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *