Berita Internasional

AL Kolombia gagalkan Upaya Penyelundupkan Kokain ke Meksiko

Bogota – Pihak berwenang Kolombia, Senin (23/5) mengumumkan bahwa Angkatan Laut Kolombia berhasil menyita 12 ton kokain, dari sebuah kapal peti kemas di pelabuhan Cartagena, dengan tujuan Veracruz, Meksiko.

“Anjing pelacak menemukan narkotika yang disembunyikan di beberapa kontainer yang berisi sirup pasta, kata Laksamana Roberto Garcia, pemimpin operasi Angkatan Laut Kolombia.

Roberto Garcia mengatakan kepada wartawan kokain itu berasal dari wilayah Valle del Cauca di bagian barat-daya Kolombia, tempat mantan anggota paramiliter sayap-kanan telah membentuk gerombolan yang telah mengambil-alih perdagangan narkotika yang dikelola oleh kartel tangguh.

Polisi anti-narkotika menyatakan penyitaan di Cartagena tersebut diperkiraan bernilai 360 juta dolar AS, dan merupakan salah satu penyitaan terbesar di Kolombia dalam beberapa tahun belakangan.

Pada 2008, 10,5 ton kokain ditemukan di pelabuhan Barranquila, yang berdekatan di Karibia.

Negara Andea itu adalah produsen terbesar kokain di dunia, yang diselundupkan ke pasar AS melalui negara lain Amerika Latin, seperti Meksiko.

Selama satu dasawarsa belakangan, Amerika Serikat telah mengalirkan lima miliar dolar AS kepada Kolombia guna memerangi penyelundup narkotika melalui program pemusnahan tanaman serta peralatan militer.

Menurut Pemerintah Kolombia, produksi kokain Kolombia turun 19,5 persen tahun lalu menjadi hanya 279 ton. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi, pemusnahan tanaman dan operasi militer.

Tapi kokain terus mengalir ke utara dalam jumlah besar di sektor perdagangan yang bernilai miliaran dolar AS yang mendanai gerilyawan sayap-kiri di Kolombia dan kelompok mantan anggota paramiliter yang terus meningkat.

Sementara, di hari yang sama, petugas bea dan cukai bandara Bogota berhasil menangkap seorang pria Meksiko, setelah tiba dari Meksiko dengan membawa uang 2,8 juta dolar AS di dalam kopernya.

Mereka menduga uang kontan tersebut adalah pembayaran buat narkotika Kolombia yang dikirim ke kartel Sinaloa.(Ant/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *