Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Nasional Tembakau & Rokok

Aktivis Anti Tembakau Tolak Konferensi Tembakau Internasional

Jakarta – Aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Anti World Tobacco Asia Conference di Indonesia (MATA) menolak penyelenggaraan pertemuan pelaku industri tembakau dalam forum World Tobacco Asia (WTA) tanggal 19-20 September 2012 di Jakarta.

“Kami menolak penyelenggaraan World Tobacco Asia yang kedua kalinya,” kata Ketua MATA, Tubagus Haryo Karbianto, saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (9/9).

Menurut Haryo, penyelenggaraan WTA untuk kedua kali di Jakarta bisa memperburuk citra Indonesia di mata masyarakat internasional yang jadi kurang baik karena tidak meratifikasi konvensi pengendalian dampak tembakau (Framework Convention on Tobacco Control/FCTC), Indonesia.

“Indonesia juga akan dianggap tidak beradab karena mendukung kematian jutaan manusia yang diakibatkan asap racun candu rokok,” kata Haryo.

Ia juga meminta pemerintah segera menolak dan membatalkan konferensi untuk menjaga nama baik serta harkat dan martabat Indonesia. Penyelenggaraan pertemuan itu di Jakarta, menurut dia, tidak akan menguntungkan Indonesia.

“Keuntungannya keluar negeri sedangkan penyakit tetap di Indonesia,” imbuh Haryo.

“Ini patut dicermati kenapa WTA kembali ke Jakarta. Ini karena negara lain sudah menolak penyelenggaraan WTA di negara mereka,” demikian Tubagus.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *