Berita Berita Internasional

Agen Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Kokain Terbesar di Inggris

Kokain

London – Pejabat berwenang Inggris menyita barang bukti NAPZA ilegal golongan A yang dicoba untuk diselundupkan lewat laut pada Rabu (3/8). Sitaan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Inggris. Enam orang yang dicurigai terlibat jaringan penyelundup NAPZA internasional telah ditahan.

Agen Perbatasan Inggris, UK Border Agency menyatakan bahwa pihak mereka telah menyita lebih dari 2600 pon (1.2 ton) kokain yang mendekati murni. Nilai jual pasaran kokain jenis tersebut bisa mencapai 300 juta poundsterling atau sekitar 4.1 miliar rupiah. Kokain tersebut ditemukan dalam sebuah yacht mewah di Pelabuhan Southampton di sebelah selatan Inggris pada Juni.

Sejak saat itu, pejabat Inggris bekerjasama dengan Kepolisian Belanda untuk melacak anggota sindikat yang dicurigai terlibat. Para tersangka kemudian berhasil ditangkap di Belanda.

Agen Perbatasan Inggris telah melacak yacht mewah, Louise, yang bernilai lebih dari 1 juta poundsterling, ketika yacht tersebut dikirim ke Southampton dari Kepulauan British Virgin melalui kapal barang.

Pencarian tersebut memakan waktu enam hari, demikian pernyataan Agen Perbatasan Inggris yang akhirnya menemukan kokain tersimpan di ruang mandi yacht. Kokain  yang berasal dari Venezuela itu memiliki kemurnian 90%. Sementara kokain yang biasa disita di perbatasn Inggris hanya mencapai kemurnian 63%.(nyt/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *