Berita Daerah Kegiatan

Agar Tidak Jenuh Berobat, Pasien Metadon Diajak Diskusi

Denpasar – Agar tidak jenuh dalam proses pengobatan bagi para pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) suntik, pihak Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Sandat, Sanglah, Denpasar menggelar diskusi akhir pekan.

Diskusi yang digelar setiap Sabtu ini, selain bertujuan mencegah kejenuhan para pasien terapi metadon juga bertujuan untuk menyegarkan pemahaman dan pengetahuan tentang beragam gejala klinis.

Anak Agung Istri Putra, salah seorang konselor yang bertugas di PTRM Sandat, mengatakan bahwa dalam diskusi ini para peserta diskusi adalah pasien PTRM Sandat yang tengah menjalani terapi metadon. Metadon merupakan substitusi atau substansi pengganti dari napza golongan opioid, termasuk heroin, substansi yang sering digunakan para pengguna napza suntik di Indonesia.

“Selain mencegah kejenuhan pasien terapi metadon, diskusi ini juga bertujuan menyegarkan pemahaman dan pengetahuan yang pernah didapat tentang gejala klinis dampak penggunaan Heroin.” papar Istri Putra kepada NapzaIndonesia.com

“Dengan diksusi ini pasien metadon diajak untuk mampu mengenali dan mengidentifikasi gejala penyakitnya,” imbuh Istri Putra.

Selain itu diskusi ini juga melibatkan para orang tua yang anak-anaknya menjadi korban kecanduan napza  jenis heroin.

“Keterlibatan orang tua atau keluarga dekat dipandang penting guna mendukung keberhasilan proses penyembuhan.” papar Istri Putra. Berbagai topik yang terkait gejala klinis dampak penggunaan napza suntik didiskusikan secara interaktif.

Dalam diskusi ini, para pasien metadon dan keluarganya diajak untuk membahas berbagai macam topik secara bebas mulai dari HIV dan infeksi ikutannya, Infeksi Menular Seksual (IMS), Hepatitis, Metadon, Buprenorfin/Subutex, persoalan tentang gizi serta tidak ketinggalan Undang-Undang Narkotika yang mengundang kontroversi di kalangan pengguna napza.

Diskusi akhir pekan ini berlangsung mulai dari pukul 10.00 – 11.30 WITA setiap hari Sabtu dan diikuti oleh minimal 15 orang. Bagi anda yang berminat untuk mengikuti diskusi dipersilahkan untuk hadir pada waktu tersebut.(Tat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *