Berita Berita Internasional

900 Kilogram Kokain Diselundupkan Lewat Pesawat Medis Argentina

Buenos Aires – Empat orang warga negara Argentina, tiga diantaranya adalah anak-anak mantan pejabat tinggi Angkatan Udara Argentina, telah ditangkap di Spanyol karena diduga mengangkut hampir satu ton kokain dalam pesawat pribadi, demikian pernyataan seorang pejabat Argentina.

Pesawat milik perusahaan transportasi medis Argentina, Medical Jet lepas landas dari Moron, sebelah barat  Buenos Aires dan mendarat di bandara El Prat, Barcelona pada Minggu (2/1), ungkap Kepala Kabinet Argentina Anibal Fernandez kepada C5N.

Fernandez mengatakan pasukan keamanan Spanyol menemukan 900 kilogram kokain di pesawat.

Media Argentina mengatakan kokain itu mendekati murni dengan nilai lebih dari 30 juta euro atau sekitar 350 miliar rupiah.

Dari empat warga Argentina yang  ditahan, diantaranya adalah Gustavo Julia dan Eduardo Julia, putra mendiang mantan Kepala Angkatan Udara Jose Julia.

Gustavo adalah pilot pesawat Challenger 604 tersebut, sekaligus salah satu pemegang saham Medical Jet.

Seorang lainnya bernama Gaston Miret, kopilot pesawat, adalah putra Jose Miret, mantan Brigadir Angkatan Udara yang pernah menjabat sebagai sekretaris Perencanaan Negara periode 1976-1983, terang Fernandez.

Sementara, nama orang keempat tidak disebutkan.

Mendiang Jose Julia menjabat Kepala Angkatan Udara Argentina selama pemerintahan Presiden Carlos Menem (1989-1999).

Fernandez tidak tahu pasti apakah kokain itu memang berasal dari Argentina atau dimuat ke pesawat di Cape Verde, Pantai Afrika di mana pesawat tersebut transit.

Garda Sipil Spanyol menolak mengomentari kasus tersebut.(ncau/YS)