Berita Daerah

4,2 Kg Shabu Asal Malaysia Disita Kepolisian Lampung

Kalianda – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni berhasil menangkap dua orang tersangka pembawa shabu-shabu asal Malaysia di Pelabuhan Bakauheni Lampung, dalam operasi rutin bersama satuan Seaport Interdiction, Sabtu (19/2) lalu.

Barang bukti berupa shabu-shabu sebanyak 6,2 kilogram dibawa oleh tersangka didalam bungkus produk kopi asal Malaysia dan susu bubuk kemasan dalam tas. Tas tersebut ditemukan dibawah tempat duduk bus antarprovinsi Lorena dari Medan menuju Jakarta.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Sulistiyo Ishak menjelaskan bahwa barang bukti yang dibawa tersangka AZ (33) dan IS (31) tersebut bernilai 15,5 miliar rupiah. Kedua pelaku adalah warga Kabupaten Bireun, NAD.

“Sistem pengiriman barang ini sangat konvensional dengan menggunakan kapal nelayan dari Malaysia menuju Pelabuhan Belawan Medan,” ujar Sulistiyo di Mapolres Lampung Selatan, Senin (21/2).

Menurut keterangan tersangka, barang tersebut milik dua warga Malaysia yang dikirim ke Pelabuhan Belawan oleh seseorang berinisial AH. Ketiganya masih dalam daftar pencarian orang (DPO) beserta satu tersangka lainnya berinisial TA yang diduga memesan barang tersebut dari Jakarta.

“Para kurir mendapatkan upah sebanyak 20 juta rupiah untuk mengirimkan barang tersebut hingga sampai kepada TA di Jakarta,” lanjut Kapolda. (Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *