Berita Internasional Berita Lembaga Kebijakan Global Kegiatan

400 Peserta Hadiri Forum Kemitraan The Global Fund di Sao Paulo

Partnership Forum-The Global Fund 2011

Sao Paulo – Forum Kemitraan yang diselenggarakan The Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria, Selasa (28/6) pukul 09.00 waktu setempat dibuka di Sao Paulo, Brazil.

The Global Fund adalah lembaga keuangan internasional yang menyalurkan dana dari negara-negara maju pada negara-negara berkembang untuk memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Hingga saat ini Global Fund telah menyalurkan 21.7 milyar dolar AS ke 150 negara dunia.

Prof Michel Kazatchkine, Direktur Eksekutif The Global Fund dalam sambutan pembukaan Forum Kemitraan memuji Brazil sebagai negara yang berhasil menterjemahkan wacana kesehatan masyarakat menjadi sebuah kenyataan.

“Brazil telah menginspirasi dunia dalam menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau bagi kaum miskin, bahkan lebih awal daripada yang dilakukan oleh negara-negara maju.” papar Kazatchkine.

Ia mengungkapkan, bukan merupakan hal yang mudah untuk menyalurkan pendanaan pada pengelola yang tepat dan menghasilkan program-program yang tepat guna.

“Hal ini dapat tercapai apabila negara-negara yang mengajukan permintaan pendanaan, dapat mempersiapkan proposal dengan baik dan tepat sasaran.” imbuhnya lagi.

Menurut Kazatchkine, tiap-tiap negara patut melibatkan komunitas-komunitas yang terdampak pada AIDS, Tuberkulosis dan Malaria dalam merencanakan program.

Senada dengan Kazatchkine, Jair Brandao, perwakilan masyarakat sipil Brazil yang yang juga sebagai Presiden Jaringan Nasional Orang Terinfeksi HIV Brazil menekankan tentang pentingnya peran orang terinfeksi HIV dalam pengambilan keputusan di tiap negara.

“Orang terinfeksi HIV dari berbagai komunitas seperti transgender, gay, lesbian, pengguna NAPZA, pekerja seks harus dilibatkan dalam penyusunan proposal,” ungkap Brandao saat ditemui Yvonne Sibuea dari NapzaIndonesia.com

Forum Kemitraan ini dihadiri oleh sekitar 400 peserta dari lebih 100 negara dunia. Forum ini dihadiri oleh pelaksana program, anggota parlemen, akademisi, perwakilan organisasi profesi kesehatan, badan-badan PBB serta perwakilan komunitas terdampak HIV/AIDS.

Menurut rencana pertemuan ini akan berlangsung hingga Kamis (30/6) dengan berbagai agenda penyusunan strategi Global Fund untuk tahun-tahun mendatang.(YS/Gen)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *